Materi Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI Smk

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgkfMOH7UcEnDagMnUEC0dPaDe5ZRflKt-FdSQXIgxmhBSsYZzh1PhhK6EaMVg5K5OJzKmk4e1kuQzmpvw0ni5x1B9vhJMKHG5x7WQhyYhCFVxvKHqWKnvIq5oeP9GFBwCApiXBJsjdBFrL/s72-c/RPP+Produk+Kreatif+dan+Kewirausahaan+Kelas+XI+SMK+Kurikulum+2013.jpg click to zoom
Ditambahkan September 19, 2018
Kategori Artikel
Harga @ Bagaimana kabar bapak ibu guru pengajar produk kreatif dan kewirausahaan? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Pada Kurikulum 2013 membek...
Share
Hubungi Kami
BELI

Review Materi Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI Smk

@ Bagaimana kabar bapak ibu guru pengajar produk kreatif dan kewirausahaan? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Pada Kurikulum 2013 membekali siswa terutama pada tingkat menengah kejuruan dengan kemampuan berwirausaha, sehingga dapat lahir dan berkembang dalam sektor nyata.
Materi Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI Smk
Materi produk kreatif dan kewirausahaan, diawali dengan pengamatan terhadap produk yang ada di pasar beserta ciri-cirinya, analisis struktur komponen pembentuk produk, analisis struktur dan rangkaian proses beserta peralatan yang diperlukan, termasuk analisis pasar, biaya, dan harga dan sekaligus dalam upaya pemasaranya.

Kompetensi dasar Produk Kreatif dan Kewirausahaan Smk K13 revisi 2017 pada kelas XI yang harus di pelajari meliputi : Memahami kewirausahaan dan wirausaha, Menganalisis peluang usaha, Menerapkan dokumen administrasi usaha, Menganalisa kebutuhan sumber daya usaha, Menganalisis sistim produksi produk usaha, Menerapkan produksi / layanan usaha, menerapkan pembuatan media promosi untuk pemasaran, Menghitung harga pokok produksi, Menganalisis pemasaran produk

Dalam upaya mendukung keutuhan pemahaman para siswa, pembelajarannya digabungkan dengan pembelajaran produk kreatif sehingga para siswa bukan hanya mampu menghasilkan ide kreatif tetapi juga merealisasikannya dalam bentuk produk karya nyata dan dilanjutkan sampai pada kegiatan penciptaan pasar agar tercipta nilai ekonomi dari aktivitas prakarya tersebut.


Sebagai bagian dari Kurikulum 2013, pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan bagi para siswa pada jenjang SMK Kelas XI wajib mengetahui dan memahami aktivitas dan materi pembelajaran yang secara utuh dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan guna menciptakan karya nyata, menciptakan peluang pasar, dan menciptakan kegiatan bernilai ekonomi dari produk dan pasar local hingga nasional.

DI saat proses pembelajaran dirancang berbasis aktivitas terkait dengan sejumlah produk nyata, yaitu karya kerajinan, karya teknologi, karya pengolahan, karya kuliner serta karya budidaya dengan contoh-contoh karya konkret berasal dari tema-tema karya populer yang sesuai untuk para siswa Smk Kelas XI.

Nah bapak ibu guru sudah mulai faham dan membuat rppnya kan? Sebelum membuat rpp produk kreatif dan kewirausahaan, alangkah baiknya mengetahui pengertian dasar kewirausahaan. Kewirausahaan yaitu kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam era modern saat ini mengingat kelangkaan dukungan sumberdaya alam terhadap kesejahteraan penduduk dunia yang makin bertambah dan tidak terbatas.

Jiwa serta semangat kewirausahaan yang terbentuk dan terasah dengan baik sejak remaja akan dapat menghasilkan produk kreatif dan inovatif yang mampu membebaskan bangsa dan negaranya dari ketergantungan pada sumberdaya alam.


Kewirausahaan yang dibutuhkan dalam hal ini yaitu produk yang memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan output ekonomi dalam mendukung kesejahteraan bangsa melalui penciptaan produk nyata yang bermanfaat. Nah semoga penjelasan kami mengenai materi produk kreatif dan kewirausahaan ini dapat menambah pengetahuan anda